Cara Crop Foto di Photoshop

Cara Crop Foto di Photoshop. Bagaimana kabarnya hari ini, guys? Tentu kalau lagi di depan laptop, lagi baik-baik saja ya. Atau sedang galau nih, jadinya cuma ditemani laptop doank? Haha. Nah, kali ini edesign mau berbagi tips sederhana tentang potong memotong di Photoshop atau bahasa kerennya CROP.

Crop berfungsi untuk membuang sisi gambar, baik itu file gambar aslinya maupun hanya mengambil beberapa bagian saja. Bingung, kan? Sama! wkwkwk. Makanya kita bahas yuk secara perlahan. Di artikel ini, edesign akan memberikan 2 teknik crop di Photoshop.

Cara Crop Foto di Photoshop

Menggunakan Crop Tool (C) dengan Ratio Bebas

Pada dasarnya, tools yang berhubungan dengan potong memotong ya ini. Crop Tool berfungsi untuk membuang bidang sesuai keinginan. Bisa bebas, ataupun dengan ratio tertentu. Ratio tertentu biasanya digunakan untuk mengubah foto dengan ukuran yang sudah standar, misalnya Pas Foto 3×4, 4×6 dan lain-lain.

Tool ini juga berfungsi memotong bagian gambar yang diinginkan tanpa ratio tertentu. Misalnya membuang mantan yang kebetulan berfoto di bagian paling pinggir. HAHAHAHA.

Silahkan atur bagian mana yang akan dibuang. Teman yang mengganggu bisa dibuang dengan tool ini. Tekan enter untuk memotong.

Menggunakan Crop Tool (C) dengan Ratio Tertentu

Selain memotong sisi keliling, crop juga bisa diatur dengan ratio tertentu, misalnya ingin menjadikan sebuah foto dengan ukuran pas photo 3×4.

Kamu bisa atur ukurannya di kotak RATIO di bagian kiri atas tersebut. Dengan demikian, kita tinggal tekan ENTER dan foto tersebut sudah berukuran 3×4. Simpel, kan?

Nah, demikianlah cara crop di Photoshop yang sangat mudah ini. Kita akan ketemu lagi di artikel berikutnya, dengan teknik dan trik pada Photoshop lainnya.

Leave a Comment