Cara Menggunakan Photoshop

Cara Menggunakan Photoshop. Hallo sahabat edesign dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan materi yang sangat dasar dalam mendalami dunia desain grafis menggunakan Adobe Photoshop. Ya, tentu kita harus mengenal aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe ini.

Adobe Photoshop adalah program untuk mengedit grafis, bisa digunakan oleh para profesional maupun pemula. Software ini bisa digunakan untuk membuat dan mengolah gambar mulai dari dasar hingga yang nyata. Jika kita memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Photoshop, ini dapat memberikan manfaat yang sangat banyak, dan tentunya dapat menghasilkan uang.

Cara Menggunakan Photoshop

Nah, kalau sudah berbicara tentang uang pastinya kita tidak mau bertele-tele, kan? Haha. Pelajari dengan seksama dengan niat belajar, pasti akan ada hasilnya kok. So, jangan niatkan belajar desain untuk dapat uang terlebih dahulu, fokus belajar dan membiasakan diri, rezeki sudah ada yang mengatur, seperti jodohmu. Hahay.

1. Memulai Membuat Bidang Desain

Hal pertama kali yang kita lakukan untuk memulai program Photoshop adalah menentukan bidang desain. Cukup buka menu File – New, atau secara ringkas dengan menekan ctrl + N.

Setelah itu, silahkan sesuaikan setelan kertas. Jika membuat dalam bidang kertas seperti A4, gunakan resolusi gambar sebesar 300 sehingga hasil cetak (jika ingin di-print atau dicetak menggunakan mesin percetakan) tidak pecah dan sesuai ukuran sebenarnya.

Tapi jika kamu ingin membuat spanduk, backdrop dan lain sebagainya, bisa dengan standar ukuran dimensi seperti di bawah ini:

Buatlah bidang gambar sesuai dengan aslinya. Misalnya ingin mendesain spanduk 3×1 meter, gunakan width dan height sesuai dengan hasil nyata yaitu 300 x 100 cm. Resolusi gambar cukup dengan 72, hasil cetakan mesin tetap maksimal.

2. Bermain dengan Layers

Di sebelah kanan, adalah toolbar Layers. Kamu harus membiasakan diri bermain dengan layers untuk menyusun gambar sesuai tempatnya. Penggunaan layer ini sangatlah penting karena memudahkan kita memisahkan gambar dan mengeditnya satu per satu. Semakin banyak layer, maka semakin baik untuk mengontrol item desain. Mengedit satu layer hanya akan mempengaruhi bidang itu saja. Yang perlu diingat, layer atas akan selalu tampil di atas layer bawah. Rencanakan dan susunlah berurutan. Kamu bisa memindahkan layer dengan cara klik tahan pada mouse dan letakkan sesuai tempat yang diinginkan.

Tekan New Layer yang terletak di bawah window layer untuk membuat layer baru.

3. Mengenal Tools Dasar

Untuk membantu pengerjaan kamu, ada beberapa tools dasar yang digunakan. Berikut ini adalah tools dan penjelasannya:

Move Tools: Tools ini untuk memindahkan/menggeser posisi layer dalam satu lembar kerja maupun ke lembar kerja lain.

Rectangular Marquee Tool: Fungsinya untuk menseleksi objek berbentuk kotak. Kamu bisa mengubah bentuknya dengan menekan klik kanan pada tools.

Lasso Tool: Tools ini berfungsi untuk membuat area seleksi, dengan cara klik dan tarik untuk menghasilkan bentuk sesuai dengan gerakan mouse yang dibuat. Klik kanan pada tools untuk memilih Lasso Tool yang lain dengan fungsi berbeda.

Magic Wand Tool: Tools ini untuk menseleksi area yang berwarna sama. Contoh: Jika kita klik pada area yang berwarna biru, maka area yang tersambung dengan warna yang sama akan terseleksi.

Crop Tool: Tools ini berfungsi untuk memotong dimensi gambar baik lebar maupun tinggi lembar kerja atau foto/ gambar.

 Eraser Tool: Eraser berfungsi untuk menghapus bagian foto/gambar dalam satu layer

 

Horizontal Type Tool: Untuk membuat teks, gunakan tools ini.

 

Untuk mengubah jenis font, warna dan ukuran, rata kiri kanan, bisa menggunakan tools di atas yang muncul ketika type tool aktif.

Masih banyak tools yang mesti kamu pelajari. Namun, beberapa tools di atas sudah cukup untuk memulai photoshop. Kamu juga bisa mengutak atik tools lainnya. Jangan takut untuk mencoba selama ctrl + Z bisa berfungsi. Sebagai ilmu tambahan, ctrl + Z di adobe hanya berfungsi 1 kali. Jika ingin undo lebih jauh, kamu gunakan ctrl + alt + Z.

Demikianlah cara menggunakan Photoshop untuk pemula. Kita akan bertemu di artikel lainnya yang membahas semua tools di Photoshop lebih detail. Jangan lewatkan pula tips dan trik desain lainnya.

Selamat mencoba! Edesign tidak tanggung jawab jika kamu ketagihan.

Leave a Comment