Cara Menghilangkan Background di Photoshop

Cara Menghilangkan Background di Photoshop. Selamat berjumpa kembali teman-teman! Gimana nih perkembangan belajar desainnya? Sepertinya udah pada jago ya? Atau masih banyak yang mau ditanyakan? Nah, kita berjumpa kembali pada kali ini untuk membahas bagaimana menghilangkan background dalam sebuah gambar.

Fungsi menghilangkan background biasanya untuk menempel gambar tersebut di background yang lain. Gambar tanpa background biasa dikenal dengan gambar png atau transparan. Kali ini, edesign akan berbagi cara cepat untuk menghilangkan background pada sebuah gambar. Ada 1 cara jitu hanya dengan 4 langkah yang biasa edesign lakukan untuk menghilangkan background dalam tempo kurang dari 5 menit.

Bagaimana caranya? Yuk, simak secara perlahan tahapannya berikut ini:

Cara Menghilangkan Background di Photoshop Menggunakan Magic Wand Tool

1. Langkah awal tentunya kamu buka file yang mau dibuang background-nya di Photoshop. Selanjutnya, klik 2x di bagian Background pada layer untuk menjadikan gambar tersebut menjadi layer. Lalu klik OK.

 

2. Setelah gambar tersebut menjadi layer 0, pilih Magic Wand Tool di bar sebelah kiri.

 

3. Jika Magic Wand Tool sudah aktif, langsung saja klik di bagian biru pada background. Jika ada bidang background yang belum terseleksi, silahkan tahan shift dan klik di bagian yang belum terseleksi tadi. Di gambar contoh ini, bagian di kolom merah sebelumnya belum terseleksi.

 

4. Langkah terakhir, tinggal tekan DELETE pada keyboard. Inilah hasilnya.

 

5. Backgroundnya pun hilang. Untuk menjaga file ini dalam keadaan tanpa background, silahkan save as dengan format PNG.

 

Selesai!

Mudah sekali, ‘kan? Nah, ada tips tambahan dari edesign jika bidang yang terseleksi masuk ke dalam gambar. Kamu bisa atur di bar atas ketika Magic Wand Tool aktif.

Tolerance adalah poin untuk mengatur kesensitivitas Magic Wand Tol dalam mengambil bidang seleksi. Semakin tinggi tolerance, semakin luas tool ini menseleksi bidang dengan warna yang mirip. Jadi, jika warna background dan gambar hampir sama, kecilkan angka tolerance-nya hingga bidang gambar tidak terkena seleksi.

Contiguous adalah penyeleksian secara menyeluruh dari warna yang sama. Jika kamu tidak mencentang Contiguous, ketika menseleksi bidang yang tidak tergabung dalam 1 sisi akan ikutan terseleksi. Ringkasnya, jika Contiguous tidak tercentang, semua warna biru akan terseleksi termasuk warna biru yang ada di baju Messi.

Jadi, jika pada bidang gambar tidak ada warna mirip dengan background, silahkan buang centangnya. Jika ada, jangan mengaktifkan Contiguous.

Selamat mencoba ya!

Leave a Comment